Senin, 09 Juli 2012

Transportasi Cacing Sutera

Transportasi... a word that's make the Tubifex sp. is still hard to distribute in other area outside Java Island...
yah itulah permasalahan yang masih belum bisa dipecahkan dalam kasus ini adalah transportasi cacing sutera. Cacing sutera belum bisa terdistribusikan ke seluruh daerah di luar P. Jawa karena masih adanya kendala dalam transportasinya, karena selain masih dianggap produk yg tidak penting cacing sutera juga sulit untuk didistribusikan.
Hal ini pernah saya alami dengan melakukan pengiriman jarak jauh ke daerah Pelabuhan Ratu dari Bogor (Parung). Awalnya saya anggap mudah seperti melakukan pengiriman di daerah Bogor akan tetapi malah mati semuanya. Saat itu saya membawa 150 liter cacing sutera dan mati semua, sehingga yg tersisa hanyalah darah dari casut itu sendiri. tapi dari pengalaman tersebut saya mendapatkan beberapa pelajaran yang sangat berharga. Yaitu : Jangan pernah merasa paling ahli dan jangan pernah memikirkan untungnya saja pelajari segala resiko dan perhitungkan kerugian yang didapatkan apabila terjadi kegagalan.
Sehingga inilah yang membuat saya terpacu untuk lebih giat lagi melakukan inovasi-inovasi yg lebih baik lagi demi kemajuan...

1 komentar:

  1. Ini GK ada solusinya bos?? Minta bantuan.. Untuk pengiriman jarak jauh 5-6jam penangananya gmna?

    BalasHapus